Tanah Kelahiran

Palangka Raya

Rumah Adat


Rumah adat Kalimantan Tengah dinamakan Rumah Betang, Bentuk rumahnya panjang, bawah kolongnya digunakan untuk pertenun dan menumbuk padi dan dihuni oleh lebih kurang 20 kepala keluarga.

Rumah terdiri dari 6 kamar antara lain untuk penyimpanan alat-alat perang, kamar untuk pendidikan gadis, tempat sesajian, tempat upacara adat dan agama, tempat penginapan dan ruang tamu. Pada kiri-kanan ujung atap dihiasi tombak sebagai penolak mara bahaya.

Tari Mandau


Tari Mandau adalah salah satu kesenian tari tradisional suku Dayak, yang menampilkan atraksi dalam memainkan Mandau sebagai property tarianya. Nama Tari Mandau di ambil dari property yang di gunakan dalam tarian tersebut, yaitu Mandau. Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak yang berbentuk parang/ pedang.

Wadi Khas Palangka Raya


Wadi atau ikan terfermentasi dibuat melalui proses yang cukup rumit selama kurang lebih dua hari dua malam sebelum bisa disantap. Hampir segala jenis ikan sungai bisa dijadikan wadi, jadi tergantung selera pembuatnya mau menggunakan ikan apa. Ikan yang sudah menjadi wadi bisa tahan hingga berbulan-bulan, bahkan tahunan. Wadi mempunyai rasa asam yang unik. 

Komentar